What can people do to help them? #SaveEgypt

Setiap ada tindak kekerasan, penindasan terhadap saudara seiman di belahan bumi lain. maka saat itu pula diri ini merasa lemah, merasa tidak bisa berbuat banyak untuk membantu mereka. Paling-paling mengecam lewat sosmed dan menyebarkan berita selengkap mungkin kepada masyarakat agar merekapun tau tentang penindasan-peindasan itu.

 

Setiap manusia saya yakin punya kecondongan untuk egois dan mementingkan diri sendiri, lintasan pikiran seperti : “buat apa ikut campur urusan negara lain?”, “masih banyak yg harus diselesaikan di Indonesia, urusan negara lain biar diselesaikan mereka sendiri”

 

Yah.. Memang kadang kita baru sadar artinya kepedulian atau empati saat kita berada pada posisi yang memerlukannya. Misalkan saja saat kita kecelakaan di jalan, kita tentu berharap ada pengguna jalan lain yang peduli dan mau membantu kita. saat itulah kita menghargai artinya empati atau kepedulian terhadap orang lain. dalam kehidupan berbangsa kaidah ini juga berlaku. Kadang kita butuh kepedulian dan bantuan dari bangsa lain. kedamaian dunia akan tercipta manakala setiap bangsa saling menunjukkan empati dan tolong menolong.

 

Tentang peristiwa yang terjadi di Mesir, dimana terjadi Kudeta militer untuk menurunkan presiden yang terpilih melalui pemilu yang demokratis. Seharusnya tidak hanya saya (yang notabene masih belum begitu paham tentang demokrasi) yang merasa prihatin dengan tragedi ini. Tokoh2 dari negara besar yang menggembar-gemborkan demokrasi seharusnya menjadi orang pertama yang mengecam tindakan militer ini.

 

Sebenarnya keprihatinan ini juga muncul karena ada rasa khawatir bahwa kudeta militer semacam mesir ini juga terjadi di Indonesia tercinta. Bayangkan saja dana 16 Trilyun, yang jika saya tuliskan nolnya jadi Rp. 16.000.000.000.000,- yang digunakan untuk memilih wakil rakyat dan Presiden di tahun 2014 nanti hasilnya dimentahkan begitu saja oleh militer. Dengan alasan kalangan militer tidak cocok dengan presiden terpilih.  Naudzubillah.. Jangan sampai terjadi di Indonesia. Rakyat indonesia bakalan ngamuk lagi, lalu ada yg numpang ngamuk dan jarah toko-toko.

 

Kemudian tentang pembubaran demonstran.  Tragedi Trisakti yang merenggut nyawa 3 mahasiswa saat berdemonstrasi menuntut mundurnya Presiden Soeharto sampai sekarang masih terasa kengeriannya, dimana aparat keamanan yang seharusnya mengamankan warga malah menembakkan peluru tajam ke tubuh mahasiswa-mahasiswa ini. Nah.. Di Mesir jauh lebih parah, 2000 orang meninggal karena ditembaki oleh aparat keamanan negaranya sendiri. Parah banget kan?? ..

 

Mari berdoa untuk kedamaian di Mesir, dan desak pemerintah  RI untuk bepartisipasi aktif menjaga ketertiban dunia yang lagi dikacaukan oleh Kudeta Militer Mesir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s