Negarawan

Berdasarkan literatur yang saya baca tentang negarawan, istilah ini merujuk pada seseorang yang berjuang untuk kemajuan negaranya, tidak terbatas pada kelompok, partai, atau ideologinya. Kata beberapa pakar, indonesia harus menumbuhkan banyak negarawan.

Negarawan bisa muncul dari mana saja dan ditumbuhkan di mana saja. Bisa dari dunia usaha, dunia pendidikan, atau dari dunia politik melalui pengkaderan di partai politik.

Saya bersyukur selama 9 tahun ini bergabung dengan salah satu partai, terlebih pada 3 tahun terakhir ini dimana saya menjadi salah satu staf anggota DPRD Kota Semarang. Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang saya dapatdari lingkungan DPRD Kota Semarang. Pengalaman dan kejadian yang berkaitan dengan DPRD Kota Semarang saya beri hastag khusus di twitter: #pemuda146. hasgtag ini saya ambil dari alamat gedung DPRD yang terletak di Jl. Pemuda No. 146 Semarang.

Pengalaman di sana mengantarkan saya pada kesimpulan bahwa Kota ini tidak bisa dibangun oleh 1 partai penguasa saja, karena di Semarang ini tidak ada partai yang benar2 dominan. Dari komposisi anggota DPRD saja bisa kelihatan PD: 15 orang, PDI: 9orang, PKS:6, Golkar:5… Partai penguasa harus mau berbagi kekuasaan, karena jika tidak maka partai yang menganggur dapat menimbulkan kekacauan dan gangguan terhadap jalannya pemerintahan.

Bahkan jika semua partai bersatu membangun semarang, masih ada birokrasi yang harus digandeng, masih ada polisi, masih ada tentara yang harus diajak kerjasama dan yang terpenting adalah masih ada masyarakat yang harus diajak untuk ikut berpartisipasi.

Ah, Sampai di sini saja sepertinya pusing juga ya jadi negarawan. Tapi mungkin pahalanya juga besar sebesar kontribusinya.

Semarang, 14 September 2013

Leave a Reply

